Laman

Palembang Dalam Sinopsis

| Senin, 23 April 2012 | |


B

ukan s
ebuah keasingan lagi mendengar nama Sriwijaya, negeri elok nan permai di jagad maritim kuno. Kedigdayaannya yang pernah menguasai Semenanjung Malaya meliputi Kamboja, Thailand Selatan, juga Sumatera, Jawa, dan pesisir Kalimantan hingga menjadi kerajaan terbesar di Nusantara yang pernah jaya dimasanya silam. Di era baru, reinkarnasi Sriwijaya menjelma menjadi sebuah kota berkembang maju dalam peradaban bangsa dan dunia modern, yang bersinergi dalam budaya, adat istiadat, perekonomian, otonomi dan perindustrian, menjadikan Palembang Kota Bari sebagai salah satu kota penting di Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini. 

Palembang tengah merajut mental dalam melejitkan popularitas diri di mata Indonesia bahkan dunia. Mengukir cita lewat jargon "Palembang Kota Internasional", menunjukkan semangat, niat dan kesungguhan menapaki era baru Sriwijaya modern. Palembang banyak dipercaya menyelenggarakan beberapa event-event nasional bahkan mancanegara sejak kurun waktu satu dasawarsa silam. Palembang selalu menjadi tuan rumah yang baik dalam event-event keagamaan multinasional, pesta olahraga maupun konferensi - konferensi penting yang diselenggarakan. Terlepas dari keberhasilan Palembang menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVI di tahun 2004, suksesnya penyelenggaraan pesta olah raga se-Asia Tenggara SEA GAMES ke XXVI pada November 2011 lalu menunjukkan bahwa Palembang mampu menyelenggarakan perhelatan - perhelatan internasional, sehingga secara tidak langsung citra baik Bumi Sriwijaya bisa dikenal masyarakat luas.

Terhitung 5 kali beruntun pada medio 2007 hingga 2011 dengan memenangkan lambang supremasi bergengsi “Adipura Award” dalam hal Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia, adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang merasa berstatus sebagai “Wong Kito”. Penghargaan level Internasional tak kalah prestisius juga pernah diperoleh kota Palembang sebagai Kota Terbersih Se-Asia Tenggara dalam “Asean Environment Sustainable City” di tahun 2008. Berkat tata kota dan tata kelolanya yang baik, juga didukung dengan kesadaran masyarakat Palembang itu sendiri, titel “BARI – Bersih Aman Rapi Indah” yang sudah sejak lama melekat dalam kehidupan masyarakat, bukan hanya untaian kata semata, namun kini bisa dirasakan realisasinya. Taman - taman kota yang asri, sejuk dan kondusif mulai ditemukan hampir di setiap sudut kota Palembang. Penanaman pohon-pohon teduh pada bahu jalan merupakan aset masa depan berkonsepkan penghijauan. Diadakannya jalur-jalur khusus sepeda di sisi jalan protokol juga menunjukkan Palembang peduli dan berperan aktif meminimalisir pemanasan global dengan mencoba mengurangi emisi kendaraan, disamping sangat cocok mengurangi kemacetan dan mencanangkan kesehatan masyarakatnya dengan bersepeda. 


11 komentar:

Anonim Says:
24 April 2012 pukul 09.13

Pertamax.. :D

yudhis86 Says:
24 April 2012 pukul 09.20

wow...betapa kayanya Palembang...n Indonesia..

cendol ya gan.. :D

catatan abu haziq Says:
24 April 2012 pukul 09.25

potensi palembang banyak dan cool2 ya, pengen deh maen2 kesana klo ada kesempatan....

bang.rojack Says:
24 April 2012 pukul 09.25

menurut ane palembang kota maju gan, segala macem ada di sana. kota yang wajib di singgahi ketika kita ke sumatera.

Berondong.Manis Says:
24 April 2012 pukul 09.28

ternyata palembang budayanya beragam ya :D

arhe_mraz Says:
24 April 2012 pukul 09.39

waah mantab Tuh gan Palembang Beragam budaya dan kuliner ane salut mah Palembang :thumbup
http://livebeta.kaskus.us/profile/2381359

LigianNurahman Says:
24 April 2012 pukul 09.41

Palembang keren gan. tapi kurang Investasi kayaknya, jadi banyak yang kurang tau :D

Cendol ya gan #LigianNurahman

pacoboys Says:
24 April 2012 pukul 09.44

Palembang merupakan kota yang patut dicontoh.
Keberagaman membuat Palembang semakin hidup gan.

Ditunggu cendolnya gan

karya Says:
24 April 2012 pukul 10.07

Palembang bisa dijadikan cermin bagi kota-kota lain di Indonesia dalam hal tata kota dan budayanya.

Gan, menurut ane blog ente kurang enak dimata, karena background hitam dan tulisan putih jadi terlalu kontras.

Ditunggu share cendolnya gan :D

Gian Pratama Says:
24 April 2012 pukul 10.21

@KARYA : thanks banget gan masukannya,.. btw, udah ane ubah tuh jadi agak keabu-abuan.. kira2 'agak' sedap belon yah !?? :D

Anonim Says:
25 April 2012 pukul 13.32

Ya benar sekali, kita bangga dengan SUMSEL !!!!!!!!!

Posting Komentar